Selasa, 27 Maret 2012

CONTOH PKP BAB I

BAB I
PENDAHULUAN


A.      LATAR BELAKANG
Dunia Pendidikan memiliki peranan penting dalam kehidupan Manusia. Pendidikan dapat mempengaruhi perkembangan manusia dalam seluruh aspek kepribadian. Pendidikan meiliki kekuatan yang dinamis melalui wadah ini seseorang dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki secara optimal. Berbicara mengenai Pendidikan tidak terlepas dari komponen pen-didikan itu sendiri antara lain guru dan siswa melalui proses pembelajaran yang dapat berhasil dengan baik apabila guru mampu dan mau menguasai berbagai kemampuan untuk mengembangkan diri secara profesional. Sejalan dengan program tersebut diatas melakukan perbaikan pembelajaran IPS kelas V pada SDN Mekarsari untuk melengkapi tugas dalam mata kuliah pemantapan kemampuan profesional (PKP.PDGK4501) program S1-PGSD pada Universitas Terbuka ( UT )
Laporan ini disusun berdasarkan hasil observasi serta temuan-temuan yang diperoleh pada saat pelaksanaan perbaiakn pembelajaran yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil yang diperoleh dari mata pelajaran IPS dengan Standar Ketuntasan Belajar Minimum ( SKBM ) yaitu 6,0 dari 42 siswa yang menguasai konsep tentang Masa Kemerdekaan Indonesia belum berhasil, hanya 26 orang siswa yang menguasai 61,9% sedangkan yang lainnya dibawah SKBM tersebut.
Pelaksanaan pembelajaran yang penulis lakukan untuk mata pelajaranm IPS belum berhasil, siswa belum menguasai konsep tersebut. Hal itu trebukti dari rendahnya nilai yang diperoleh siswa. Untuk itu penulis melakukan perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran  dan pencapaian hasil yang diharapkan. Selam pembelajaran berlangsung jarang siswa mengajukan pertanyaan atau memberi taanggapan terhadap penjelasan guru. Berdasarkan hal tersebut penulis meminta bantuan teman sejawat sebagai pengamat untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dalam 3 sikluspada pelajaran IPS dengan konsep “ Masa Persiapan Kemerdekaan”

1.   Identikasi Masalah
Dari hasil ulangan IPS tentang materi  “Masa persiapan Kemerdekaan” hanya 26 orang siswa dari 42 orang siswa kelas V SDN Mekarsari yang mencapai SKBM. Selama pembelajaran berlangsung  siswa yang mengajukan pertanyaan atau memberi tanggapan terhadap penjelasan guru. Berdasarkan hal tersebut, penulis meminta bantua sejawat sebagai pengamat untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran berlangsung yang perlu diidentifikasi. Adapun permasalahan tersebut yaitu :
a.       Sebagian anak pasif, kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran
b.       Memilih metode kurang tepat terhadap pembelajaran IPS kls V
c.       Tingkatkanlah motivasi anak terhadap pembelajaran IPS
d.       Menggunakan alat peraga atau media harus sesuai dan tepat sasaran.
2.   Analisa Masalah
Dari identifikasi masalah pada pembelajaran IPS konsep tentang Masa persiapan Kemerdekaan penulis menganalisa serta merumuskan masalah yang terjadi. Adapun analisa masalah yang ditemukan dalam pembelajaran IPS adalah :
a.       Dalam mengajar guru terlalau banyak menggunakn metide ceramah
b.       Siswa kurang memahami konsep tentang Masa persiapan kemerdekaan
c.       Guru tidak melibatkan siswa ketika menjelaskan materi
d.       Guru kurang memberikam kesempatan bertanya kepada siswa
e.       Guru tidak memberikan contoh yaang memadai

B.      Rumusan Masalah
Dari analisis yang telah dikemukakan, maka dengan melalui diskusi dengan teman sejawat ditemukan perumusan masalah. Bagaimana cara meningkatkan motivasi anak tentang masa persiapan kemerdekaan  Repblik Indonesia dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS kls V di SDN Mekarsari Kec. Tanjungsari

C.      Tujuan Peneliti
Sesuai peranan guru sebagai motivator, guru harus dapat membangkitkan minat siswa karena minat  sebagai motivasi yang mempengaruhi didalam belajar, berfikir dan berprestasi ( Krapp, Hidi, Re-minger, Prudirch dan Schururk 1996 ). Tujuan penelitian mengandung maksud memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan konsep tentang Masa Persiapan Kemerdekaan pada kelas V SDN Mekarsari.
Disamping itu, pada mata pelajaran tersebut siswa-siswi kebanyakan mendapat nilai yang kurang memuaskan. Oleh karena itu perencana perbaikan dilakukan melalui tahap : Identifikasi masalah, analisis dan perumusan masalah yang selanjutnya dilaksanakan rencana perbaikan pembelajaran. Pelaksanaan rencana  perbaikan  pembelajaran di kelas V SDN Mekarsari ( Tempat Menulis Mengajar ) dan pelaksanaannya dilakukan pada jam efektif yang disesuaikan dengan jadwal mata pelajaran tersebut dengan rentang waktu . dalam pelaksanaannya penulis diawasi oleh pengawas untuk membantu penulis mencari kekurangan atau kelemahan dalam proses pembelajaran.

D.      Manfaat Peneliti
Dari perbaikan pembelajaran yang ditempuh dalam tiga siklus, maka penulis menemukakn adanya manfaat dari perbaiakn pembelajaran tersebut, m aanfaat perbaiakn itu adalah :
a.    Manfaat bagi guru
-      Memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya, karena dengan adanya perbaikan menimbulkan rasa puas karena sudah melakukan sesuatu untuk meningktakan kualitas pembelajaran.
b.   Manfaat bagi siswa
-      Dengan adanya perbaikan pembelajaran maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa
c.    Manfaat bagi Sekolah
-      Sekolah yang berhasil mendorong terjadinya inovasi pada diri guru telah berhasil pula meningkatkan kualitas pendidikan untuk siswa. Sekolah yang para gurunya sudah mampu membuat perbaikan mempunyai kesempatan yang besar untuk berkembang pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar